Monday, April 8, 2019

Gemari Madya Task 5: Menata Waktu

Kembali lagi dengan task di gemarrapi, kali ini dengan tema menata waktu. Ngomong-ngomong task 4 kok ga ada ya? iya, task 4 kita hanya diminta isi form survey saja, lumayan yaa bisa istirahat mikirin diri.. 🤭

Pada materi ke-5 ini, saya merasa cukup tersadarkan bahwa waktu tak akan kembali. Bahwa di akhirat nantipun waktu adalah salah satu hal yang harus dipertanggungjawabkan pemanfaatannya. Juga masing-masing kita saat ini punya peran yang akan dipertanggungjawabkan pelaksanaannya.
Tiap kita punya prioritas tugas.




I. List Pekerjaan/ Tugas Harian 

Hal pertama yang perlu diingat bahwa peran utama saya saat ini adalah sebagai seorang istri dan ibu dari 2 anak. Selain itu, sebagai seorang muslim, saya juga punya kewajiban sebagai pribadi. Jika dirunut dari sejak bangun pagi, berikut rutinitas harian saya:

1. Ibadah wajib, sunnah, dan kebersihan diri. Ibadah wajib yaitu sholat 5 waktu termasuk waktu berwudhu, dan ibadah sunnah seperti baca Alqur’an dan sholat sunnah. Kebersihan meliputi mandi dan perawatan tubuh. Waktu sekitar 2 jam.

2. Pengembangan diri, didalamnya termasuk membaca buku (baik tema fiqih, parenting), menulis, ke kajian atau belajar di Whatsapp group. Waktu 1-2 jam. Jika ada kajian menjadi 4 jam termasuk dengan persiapan, dan perjalanan pulang pergi. Biasanya dilakukan 1-2 minggu sekali.

2. Menyiapkan makan seperti memasak nasi, sayur, buah, bekal, minum susu (60 menit) dan menemani atau menyuapi makan anak-anak tiga kali sehari (30 menit per waktu makan, total 90 menit), kadang sambil melihat video edukasi. Waktu 2.5 jam.

3. Bersih-bersih dan berbenah rumah (60 menit total untuk 1-2 kali saja dalam sehari), cuci setrika (delegasikan), urus makan dan kebersihan kucing (20 menit), urus tanaman (20 menit untuk 2x sehari). Waktu 1.5 jam.

4. Persiapan anak sekolah (30 menit), antar (delegasi, dibantu suami), jemput anak pertama sekolah dan persiapannya (60 menit pulang pergi berikut dengan persiapan anak yang kedua ikut). Waktu 1.5 jam.

5. Mengawal aktifitas anak di rumah. Bagian ini adalah waktu khusus untuk stimulasi harian anak berdasarkan kurikulum yang saya ikuti (dari suatu sekolah digabung dengan ide sendiri). Di pagi hari hanya diikuti anak kedua, sementara kakaknya sekolah. Aktifitas lebih banyak diluar seperti bersepeda, trampolin, ayunan, bersih-bersih kebun dan stimulasi motorik kasar lainnya (45 menit). Disini saya bisa sambil mengerjakan perawatan tanaman. Setelah itu dilanjutkan dengan aktifitas indoor berupa sensorik motorik halus atau membacakan buku, dengan tema Quran (30 menit). 
Untuk aktifitas harian anak pertama di rumah, yang rutin saya lakukan ialah mengajar iqro setelah magrib dan menemani anak murojaah surah2 yang telah diajarkan di sekolahnya (30 menit). Untuk stimulasi motorik sensorik belum rutin tergantung waktu yang ada serta mood si kakak. 
Waktu 2 jam.

6. Istirahat siang.
Tidur siang bersama anak 1-2 jam.

Total waktu dari 5 kelompok kegiatan diatas adalah 12.5-13.5 jam. Berdasarkan jumlah waktu bangun dalam sehari 24-8 (1 hari dikurangi waktu tidur ideal), yaitu 16 jam. Seharusnya saya masih punya waktu sisa 2.5-3.5 jam jika tidak ada aktifitas random mendadak yang bagi saya kok ya sering, haha (contoh ke rumah orangtua, ke kajian, anak sakit harus ke RS, perbaikan rumah ini itu, ke rumah teman yang lahiran, dsb).



II. Sinkronisasi Micro habbits dan Challenge dan List Tugas

Micro habbits yang saya canangkan pada task 1 dan 3, adalah sebagai berikut:
1. Bangun paling lambat 15 menit sebelum adzan subuh. Sudah dilakukan.
2. Tidur sebelum jam 9.30 malam, dengan demikian anak-anak harus tidur sebelum pukul 9.00 malam. Sudah dilakukan
3. Tidur siang kurang lebih 1 jam setelah shalat dzuhur bersama anak-anak. Sudah dilakukan.
4. Minum air putih 1 gelas setiap bangun tidur, dilanjutkan beberapa potong buah, lalu memasak nasi dan merebus sayuran untuk sarapan (karena saat ini masih belum bisa mengolah dengan cara lain). Sudah. dilakukan.
5. Berjalan atau natur walk di kebun rumah pada pagi atau sore hari setiap hari bersama anak-anak minimal 15 menit. Belum selalu, terutama bersama anak yang besar.
6. Mengganti penggunaan tissue toilet dengan handuk kecil. Sudah dilakukan.
7. Mengikuti senam atau yoga hamil melalui video (youtube) dua hari sekali selama 30 menit. Belum dilakukan, hanya stretching sekitar 5-10 menit sehari.
8. Jika bepergian, tidak membeli air mineral kemasan dan menggantinya dengan selalu membawa botol yang diisi air dari galon sendiri di rumah. Sudah dilakukan, tapi belum konsisten.
9. Toilet training anak, masih belum terlaksana secara konsisten.
10. Cicil membaca buku2 yang sudah bertumpuk. Sudah terlaksana tapi waktunya belum konsisten.


III. Berdasarkan poin I dan II diatas, maka jadwal harian yang saya rencanakan agar hidup menjadi lebih teratur (versi saya untuk sekarang) adalah sbb:

04.15-06.00 : Mandi, Ibadah subuh, lanjut baca Alqur’an minimal 2 halaman beserta artinya, cicilan hafalan juz 30, tulis jurnal syukur minimal 5 baris, dzikir pagi, stretching/ yoga 

06.00-08.00 : Siapkan sarapan sekeluarga, buah dan susu untuk anak-anak, berbenah dapur, bangunkan anak-anak, morning walk 15 menit, siapkan anak pertama sekolah, start toilet train anak kedua.

08.00-10.00 : Menemani anak aktifitas outdoor  (main sepeda, ayunan, trampolin, sekalian siram bunga dan siangi kebun), memberi makan kucing dan ikan, kasih makan anak kedua, aktifitas/main indoor, Berbenah rumah (15 menit, untuk cuci setrika pakaian delegasi ART)

10.00-11.15 : Latihan sholat anak sekaligus sholat dhuha, murojaah hafalan anak, bacakan buku, siap-siap jemput anak sekolah.

11.15-13.30 : Jemput anak sekolah, makan siang bersama anak-anak, sholat dzuhur, persiapan anak tidur siang dengan membacakan buku.

13.30-14.00 : Jika anak sudah tidur, waktu pengembangan diri (baca buku atau wa group)

14.00-16.00 : Tidur siang 1 jam, sholat Ashar, pengembangan diri (baca buku).

16.00-18.00 : Kawal anak main outdoor (45 menit) main indoor (15 menit), makan malam, persiapan sholat magrib.

18.00-08.30 : Sholat Magrib, Iqro dan murojaah anak sd Sholat Isya, aktifitas bertema qurani (15 menit), ajak anak berbenah mainannya. Persiapan tidur anak.

08.30-10.00 : Pengembangan diri (wa, baca buku), berbenah rumah (20 menit maksimal), persiapan tidur.






No comments:

Post a Comment